RESUME MACAM-MACAM PROTOKOL

RESUME MACAM-MACAM PROTOKOL


RESUME MACAM-MACAM PROTOKOL

NAMA : MUH. LIPO IHSAN
NPM :1004411016
KELAS : 5.A TI



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
TAHUN AKADEMIK 2012/2013




A.    PENGERTIAN PROTOKOL
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
Protokol dapat dingunkan pada  perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.
Protokol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

B.     MACAM-MACAM PROTOKOL
Macam-macam protokol di antaranya :
1.      HTTP Protocol( HyperText Transfer Protocol)
          HTTP Protocol (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah meminta atau menjawab antara client dan server. sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP atau IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80).
2.      FTP (File Transfer Protocol)
          FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini.
3.      TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
          TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
4.      UDP (User Datagram Protocol)
        UDP (User Datagram Protocol)  adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP atau IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP atau IP.

C.     PROTOKOL KOMUNIKASI
Protokol komunikasi diataranya:
a)      Protokol Lapisan Aplikasi
Protokol lapisan aplikasi  yang  bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP.
b)      Protokol Lapisan Antar-Host
Protokol lapisan antar-host  yang  berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

c)      Protokol Lapisan Internetwork
Protokol lapisan internetwork  yang bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).

d)     Protokol Lapisan Antarmuka Jaringan
Protokol lapisan antarmuka jaringan yang bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode.




D.    MACAM-MACAM PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER
     Macam-macam protokol jaringan komputer sebangai berikut:
a.       TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)  adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack
b.      UDP (User Datagram Protocol)
UDP (User Datagram Protocol) adalah protokol yang bersifat connectionless, dan bersifat kebalikan dari TCP yang berorientasi connection. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya saat paket data tersebut diterima. Protokol UDP ini cukup simpel sehingga untuk tujuan tertentu, bisa membantu penyelesain tumpukan protokol TCP/IP.
c.       IP (Internet Protocol)
IP (Internet Protocol)adalah protokol lapisan jaringan (network layerdalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan(internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokolTCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing antar host-host di jaringan komputerberbasis TCP/IP.
d.      CDMA (Code Division Multiple Access )
CDMA (Code Division Multiple Access ) adalah sebuah bentuk pemultipleksan, yaitu: mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.
e.       GSM (Global System for Mobile communications)
GSM (Global System for Mobile communications) merupakan sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada mobile communication, khususnya handphone. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.
f.        Bluetooth
Bluetooth adalah Protokol atau spesifikasi berkomunikasi jarak pendek yang berdaya rendah (hemat energi), Bluetooth menggunakan frekuensi 2.4Ghz, contohnya antara headset dan sellular.
g.      GPRS (General Packet Radio Service)
GPRS (General Packet Radio Service) adalah Suatu protokol untuk transfer data dalam GSM, kecepatan transfer data dalam GPRS dapat mencapai 115 Kbps.
h.      EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution)
EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) adalah Suatu protokol yang mengatur cara kerja transfer data pada sistim wireless GSM.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. lipo ihsan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger