RESPONSE TIME DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

RESPONSE TIME DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

 
Tugas 1:
RESPONSE TIME DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Salah satu kualitas komunikasi data dipengaruhi oleh :

·         Performance
Ditentukan oleh besarnya rata-rata transmisi data yang terbebas dari kesalahan yaitu terukur dengan response time / waktu tanggapnya
. Response time adalah jumlah lama waktu yang dihitung dari akhir permintaan tersebut dilayani. Waktu yang telah berlalu dari suatu transaksi database yang diajukan untuk menjalankan suatu tanggapan. Pengaruh utama pada response time yaitu waktu akses database untuk data item yang ditunjuk oleh suatu transaksi. Response time juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penjadwalan sistem operasi atau penundaan komunikasi.
Waktu tanggap didefinisikan sebagai ukuran kecepatan operasi sistem. Waktu tanggap yang lama merupakan salah satu kendala dalam komunikasi data. Dimana pada Sejumlah Sistem, waktu tanggap yang cepat merupakan hal yang sangat penting.Misalnya ATM
·           Waktu tanggap pada sistem interaktif
Merupakan waktu yang dihabiskan dari saat karakter terakhir dari perintah dimasukkan atau transaksi sampai hasil pertama muncul di layar (terminal) --> terminal response time.
·           Waktu tanggap pada sistem waktu nyata (real-time)
Adalah waktu dari saat kejadian (internal atau eksternal) sampai instruksi pertama rutin layanan yang dimaksud dieksekusi --> event response time.


Faktor-Faktor yang mempengaruhi Response Time :
    1. Jumlah pengguna :
Banyaknya pengguna jaringan pada saat yang bersamaan dapat memperlambat response time di dalam jaringan, terutama pada jaringan yang dirancang tanpa mempertimbangan adanya traffic yang besar. Perancangan jaringan dapat dilakukan berdasarkan estimasi rata-rata jumlah pengguna jaringan yang mungkin secara bersamaan saling berkomunikasi pada satu saat yang sama. Meskipun demikian, di dalam waktu-waktu puncak (peak load periods) jumlah pengguna bisa melebihi rata-rata hasil estimasi tersebut sehingga dapat menurunkan performance. Bagaimana dan seberapa besar suatu jaringan memberikan response dapat dikatakan sebagai ukuran dari performance jaringan.

   2. Jenis media transmisi :
Terdapat dua metode transmisi data, yaitu transmisi serial dan transmisi paralel. Yang dimaksud dengan transmisi serial yaitu jika sekelompok bit data ditransmisikan secara berurutan (serial / bit demi bit) dgn melewati satu jalur transmister dan satu jalur receiver. Sedangkan yang dimaksud dengan transmisi paralel jika sekelompok bit data ditransmisikan secara bersama-sama dan melewati beberapa jalur transmisi yang terpisah.
 3  Jenis Hardware yang digunakan :
Kemampuan hardware memiliki peran penting di dalam jaringan komputer tidak hanya pada kecepatan tetapi juga kapasitas transimisi data. Sebuah komputer berkecepatan tinggi dan dengan kapasitas storage lebih besar akan memberikan performance yang lebih baik.  
 4  Program Perangkat Lunak :  
Dalam   melakukan evaluasi hingga menghasilkan suatu konfigurasi server yang ideal untuk suatu aplikasi peneliti menggunakan perangkat pendukung yaitu Server Konfigurator. Server konfigurator ini adalah software utility untuk mendisain
konfigurasi   server   sehingga   sesuai   dengan   kebutuhan   customer,   tidak   over-
specification   atau  under-specification sehingga  masih  mampu  untuk  mendukung operasional perusahaan hingga tiga tahun kemudian.

+ komentar + 1 komentar

10 Juli 2016 pukul 06.35

Maaf mas mau tanya, boleh tahu sumber referensi nya atau buku yang membahas tentang reponse time ini,,
terimakasih,,
(Ditunggu jawabnnya)

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. lipo ihsan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger